Tips Cara Mengatasi WC Mampet

WC mampet merupakan masalah yang sangat tidak menyenangkan dan kabar buruk bagi anda yang mengalaminya, apalagi jika WC mampet terjadi pada saat yang tidak disangka-sangka (saat menerima tamu, saat malam hari, saat sedang diare, dll). Untuk itu, tim kami menyusun beberapa cara mengatasi WC mampet yang dapat anda gunakan sebagai langkah awal sebelum anda memanggil jasa sedot WC yang kami tawarkan.

Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Untuk Mengatasi WC Mampet

1. Jangan mencoba untuk mengatasi WC mampet dengan cara menyiramnya berulang-ulang. Menyiram WC mampet berulang-ulang hanya akan membuat air dan kotoran meluap. WC mampet juga belum tentu disebabkan karena adanya sumbatan namun bisa juga karena septic tank yang penuh.

2. Jangan menggunakan air panas yang dicampurkan dengan baking soda dan cuka untuk mengatasi WC mampet. Karena suhu panas dapat menyebabkan pipa PVC (yang pada umumnya digunakan untuk saluran air WC) rusak. Baking soda juga dapat meninggalkan residu yang pada kemudian hari dapat menyebabkan terjadinya sumbatan lagi. Pada beberapa kasus di lokasi dengan temperatur ruangan yang dingin, menggunakan air panas sebagai cara untuk mengatasi WC mampet malah dapat menyebabkan porcelain WC retak/pecah.

3. Jangan menggunakan sabun cuci piring seperti sunlight untuk coba mengatasi WC mampet karena sabun akan mematikan bakteri pada septic tank dan membuat WC anda cepat penuh (bahkan dalam hitungan hari). Sabun cuci piring memang baik untuk melarutkan lemak dan kotoran tapi bukan berarti dapat dengan mudah melancarkan saluran pembuangan kotoran pada toilet yang sudah mampet.

Hal Yang Dapat Dicoba Untuk Mengatasi WC Mampet

1. Gunakan sodokan WC (plunger) dan cobalah untuk mendorong sumbatan tersebut. Lihat disini untuk cara menggunakan plunger.

2. Jika anda tidak memiliki sodokan WC, anda dapat menggunakan selang yang cukup fleksibel namun kuat untuk menyodok sumbatan pada WC mampet atau anda juga dapat hanger baju yang terbuat dari kawat dan telah dimodifikasi untuk mendorong benda yang menyebabkan sumbatan pada WC mampet tadi.

3. Menggunakan enzym pengurai kotoran untuk mengatasi sumbatan kotoran atau benda organik lainnya. Cara ini memakan waktu agak lama namun lebih disukai karena tidak menyebabkan kotoran muncrat dan juga tidak menyebabkan kerusakan pada pipa saluran pembuangan.

4. Apabila semua metode diatas sudah anda coba dan ternyata WC mampet bukan dikarenakan adanya sumbatan, kemungkinan WC anda mampet karena septic tank yang penuh. Segera hubungi jasa sedot WC kami untuk menguras septic tank anda.